03 December 2011

MISKIN DAN KEMISKINAN


Hampir atau mungkin semua orang di dunia ini tidak mau mengalami hidup miskin. Apalagi hidup dalam penuh kemiskinan. Baik Miskin Harta, Miskin Moral, Miskin Iman, Miskin Hati, main hati Miskin Teman dan lain sebagainya. Pasti gak asiik banget jika itu terjadi, apalagi pada diri kita sendiri.

“KAYA BUKAN UKURAN MULIA, MISKIN BUKAN UKURAN HINA”.


Bicara soal miskin, sangat identik dengan materi yang kita miliki. Padahal miskin itu tidak hanya dipandang dari materi doank, tetapi banyak kemiskinan lainnya yang sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Tapi disini saya ingin membahas tentang Miskin yang berkaitan dengan Materi.

Miskin Materi (Miskin Harta) juga memiliki beberapa kategori berdasarkan tingkatan (level) nya. Mari kita simak satu persatu penjelasan dibawah ini. Check this out..!!

1. Miskin Mendadak (Bangkrut)
Ini benar-benar sesuatu yang pasti tidak akan pernah terbayangkan sebelumnya. Banyak yang belum siap untuk menghadapi ini semua. Tetapi kita tidak bisa memastikan perputaran roda kehidupan kita sendiri. Karena semua sudah ada yang mengaturnya. Tidak selamanya kita berada di level paling atas (orang kaya), tetapi besar kemungkinan juga tidak selamanya kita hanya bisa menikmati kehidupan di level bawah. Selagi kita masih tetap mau berusaha, semua pasti ada jalan. Intinya dengan kesabaran dan ketekunan serta kegigihan yang kita tanamkan dalam setiap usaha dan doa.


2.  Miskin Bawaan (Turunan)
Sejak kita belum lahir, baik sebelum maupun sesudah di dalam kandungan ibu, kita tidak bisa memilih siapa yang nantinya akan menjadi orangtua kita. Apakah mereka orang kaya, orang berpangkat tinggi, punya jabatan dsb. Ataupun sebaliknya, orangtua yang hidupnya hanya pas-pasan, sederhana atau mungkin lebih miskin. Tapi kita harus tetap bersyukur karena siapapun orangtua kita, biar jelek apapun mereka, mereka tetap orangtua kita. Mereka yang telah merawat kita, yang membesarkan kita dengan penuh kasih sayangnya. Karena selain orangtua, siapa lagi yang bisa merawat dan menjaga kita dengan penuh cinta dan kasih sayang. (jadi kangen sama Mamaku) @_@

KALAU BUKAN MEREKA YANG MERAWAT KITA, SIAPA LAGI?! ^^

3.  Miskin Mutlak
Ada yang pernah dengar soal miskin ini gak? Kemiskinan ini tidak hanya terjadi pada satu keluarga atau hanya beberapa keluarga saja dalam satu desa, tetapi menyeluruh dengan kata lain satu desa mengalami kemiskinan yang mutlak, dan bisa dikatakan idiot, karena kurangnya asupan gizi dan pendidikan yang diterima oleh masyarakat di desa tersebut. Dan alasan dijuluki sebagai desa yang mengalami Kemiskinan Mutlak, karena itu terjadi secara turun temurun dan sepertinya agak sulit untuk diperbaiki karena sampai sekarang sepertinya desa itu masih ada. (Ini fakta tapi saya tidak bisa menyebutkan nama atau wilayah desa tersebut, yang pasti lokasinya jauh banget dari tempat tinggalku). Harus lewat pegunungan, lautan dan udara euy..

Tapi bagaimanapun juga yang namanya Miskin itu pasti gak enak. Setiap orang miskin pasti pengen hidup kaya. Tetapi orang kaya mana mungkin mau hidup miskin. Mimpi kalii yee.. ^^

Dengan berbagai kategori miskin diatas, dapat dipahami bahwa miskin itu banyak jenisnya. Ini menurut pemikiran saya sendiri. Jika diantara anda ada yang lebih mengetahui dan ingin menambahkan serta berbagi informasi yang berkaitan dengar artikel ini, dengan senang hati saya persilahkan selama tidak mengganggu ketenangan pihak yang lain baik yang terkait maupun tidak. Terima Kasih.

GOOD LUCK FOR YOU EVERYBODY..!!

20 komentar sudah masuk. Silahkan komentari lagi...
Komentari
December 4, 2011 at 2:25 AM

caranya ngehindari miskin gimana?
banyak orang2 tanyak gitu..

December 4, 2011 at 8:05 AM
December 5, 2011 at 1:46 AM

hmmmmm berat pembahasannya

December 5, 2011 at 4:58 AM
December 5, 2011 at 2:33 PM

Hanya satu mba' menurut saya yang ingin hidup miskin didunia, yaitu Nabi Muhammad. Beliau selalu berdo'a agar dirinya menjadi orang miskin.

Entah kalau sekarang, masih ada atau tidak, coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang.. Lho??
Hehe..

December 5, 2011 at 4:48 PM
December 5, 2011 at 6:37 PM

Miskin enggak salah kok
meski sudah berusaha tapi kadang nasib belum berpihak pada kita

December 6, 2011 at 7:52 PM

Yang penting tetep jadi manusia yang penuh syukur ^_^ Insya ALLAH rezeqinya ditambah..

miss yuu amah...:-*

December 6, 2011 at 9:26 PM
December 6, 2011 at 9:30 PM
December 7, 2011 at 4:19 AM

mau gimana2 tipe miskin tetep aja gak enak. yangkasian banget kalo bener2 gak punya duit buat berobat. naas juga ya, negara kaya, tapi rakyatnya miskin

December 7, 2011 at 6:25 AM
December 7, 2011 at 11:10 PM

Itulah kehebatan nabi..

Sayang beliau sudah nabi akhir zaman, jadi kita gag akan bisa untuk jadi nabi, hehehe..

December 8, 2011 at 10:58 PM

gambar postingan yang ini mengingatkan aq pada kasus RS. Dr. Soetomo Surabaya ^^ hehehe.

December 11, 2011 at 12:45 AM

Memang gak ada yang mau jadi miskin ya..
Tapi mau dikata apa jika yang berkuasa yakni Tuhan yang maha esa sudah menggariskan begitu tidak ada yang mampu merubahnya.
Tpi kbnykn bnyk jg yg blng manusia itu bkn miskin harta, tp jiwa.. Kurangnya rasa bersyukur dengan apa yg dimiliki.

December 11, 2011 at 1:22 AM

klasifikasi tingkat kemiskinan yang unik. :D

December 11, 2011 at 3:31 PM

ciptakan kebahagian yang kita mau......

December 12, 2011 at 2:07 AM

rajin pangkal kaya...
Malas pangkal bodo...

December 16, 2011 at 2:08 AM

Yang penting terus berusaha, berdoa, selalu bersyukur dan berpikiran positif. Kunci utama hidup tenang :D

December 19, 2011 at 6:30 AM

Ternyata miskin itu bnyk macam nya ya sis :)
Tp yang paLing penting, jangan MISKIN HATI ^_^

Komentar disini ya

Terima kasih untuk tidak memberi Komentar yang berbentuk SPAM